close

NC, Jombang - Masuk dalam zona lingkungan kumuh, Kelurahan Gedongdalem, Kecamatan Jombang mendapatkan dana pembangunan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), melalui program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) yang diluncurkan oleh Dinas Perumahan Dan Pemukiman (Perkim) Kota Cilegon.

Dikatakan Kepala Seksi (Kasi) Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang), Kelurahan Gedongdalem, Nia Kania, program Kotaku tersebut dibagi dua termin dengan menghabiskan dana sekitar Rp 500 juta.

"Anggaran Rp 500 juta tersebut kita bagi menjadi dua termin, termin pertama pemasangan paving blok dan drainase di Lingkungan Pecek, sementara untuk termin kedua adalah pembangunan drainase dan TPT (Tembok Penahan Tanah) di Lingkungan Tenjung Putih," katanya, Kamis (2/11/17).

Di tempat yang sama, Lurah Gedongdalem, Alim Rahmadi menjelaskan, pihaknya sangat terbantu dengan programnya tersebut.

"Lingkungan Pecek yang semula tumpukan sampah, kini telah menjadi jalan baru dari lingkungan tersebut hingga Bojonegara, dan di Lingkungan Tunjung Putih yang saat baru 5 hari pekerjaannya akan lebih banyak menampung air saat hujan. Sehingga lingkungan sekitar tidak kebanjiran," jelasnya.

Lebih lanjut, Alim mengaku, dalam program termin kedua tersebut, ada swadaya masyarakat berupa tanah di sepanjang bantaran kali, yang nantinya akan dipasang paving blok.

"Ini merupakan program terakhir Kotaku, dan untuk pembangunan di lingkungan lainnya pada tahun 2018 akan menggunakan anggaran Pemerintah Kota Cilegon," akunya.

Alim berharap, warga dapat menjaga dan merawat hasil pembangunan tersebut.

"Hal yang membedakan antara pembangunan DPWKel (Dana Pembangunan Wilayah Kelurahan) dan Kotaku adalah ada warna cat di setiap hasil pekerkaan Kotaku," tutupnya. (Dd)
Editor : Wulan

Post a Comment

 
Top